Bagian ini khusus mengulangi teori ekonomi
tentang biaya yang merupakan keterangan penting bagi akuntansi manajemen dalam
perencanaan maupun pengendalian.
Perilaku biaya tersebut tidak terlepas dari
karakteristik pasar yang dalam pembahasan ini terfokus pada 2 jenis pasar saja
yaitu pasar persaingan sempurna dan persaingan tak sempurna.
Pada pasar sempurna seperti telah diketahui
dans erring pula disebut pasar persaingan sempurna dengan cirri-ciri sebagai
berikut :
a.
Terdapat sejumlah besar para
penjual dan para pembeli, sehingga
individu-individu tidak dapat
dapat mempengaruhi harga barang.
b. Produk-produk dari seluruh
perusahaan dalam pasar adalah homogeny.
c.
Terdapat mobilitas
factor-faktor yang sempurna
d. Para konsumen, para pemilik faktor-faktor di dalam pasar mempunyai pengetahuan yang sempurna mengenai harga-harga dan biaya-biaya yang sekarang dan yang akan datang.
d. Para konsumen, para pemilik faktor-faktor di dalam pasar mempunyai pengetahuan yang sempurna mengenai harga-harga dan biaya-biaya yang sekarang dan yang akan datang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar