Pages

Selasa, 17 Juni 2014

MYOB (Reconcile Account)



Fasilitas reconcile accounts digunakan untuk merekonsiliasi antara catatan menurut bank dengan catatan menurut perusahaan.
Contoh kasus:
Berikut rekening koran dari Bank jaya dan laporan bank register catatan perusahaan :
Setelah rekening Koran dengan catatan bak register perusahaan dibandingkan ada perbedaan transaksi dan saldo.  Menurut buku bank perusahaan saldo bank jaya sejumlah Rp 2.876.875 tetapi menurut rekening Koran saldonya Rp 1.846.875.
Setelah diperiksa satu per satu, ditemukan beberapa data yang tidak ada catatan perusahaan tetapi di rekening Koran ada atau sebaliknya.
Berikut adalah data perbedaan tersebut:
-Biaya administrasi Bank Jaya Januari sebesar Rp 30.000,- (Credit/withdarwl)
- Tanggal 16 Januari setoran untuk bank abadi tercatat oleh perusahaan Rp 45.000.000,- namun uang yang disetor sebenarnya senilai Rp 46.000.000 (credit/withdrawl)
Ikuti langkah berikut untuk melakukan proses rekonsiliasi :
  1. Dalam modul banking klik reconcile accounts untuk mengaktifkan kotak dialog reconcile accounts.  Lihat gambar 7.25.
  2. Pada kolom accounts, anda pilih akun Bank Jaya.
  3. Selanjutnya untuk kolom bank statement date, ketik tanggal 31/01/07 lalu tekan tab, maka akan tampil semua transaksi yang pernah terjadi sampai pada tanggal tersebut.
  4. Klik tombol Bank Entry, tampil kotak dialog record service charges and interest earned.
  5. Pada bagian service charge, anda isi service charge : 30000, Expense account: 9-1000 Interest expense dan memo: Biaya adm Bank jaya Jan 2007.
  6. Kemudian klik tombol record untuk menyimpan.  Anda akan kembali ke kotak dialog reconcile accounts, perhatikan baris transaksi Biaya adm Bank Jaya Jan 2007 diberi tanda centang.
  7. Klik anak panah pada transaksi BA-004, akan tampil kotak receive Money, anda ganti nilai amount receive 46.000.000, tekan tab lalu klik OK.
  8. Dengan panduan rekening Koran Bank, berikutnya anda memberikan tanda centang pada tiap baris transaksi yang ada pada tabel, sehingga kolom calculated balance otomatis terisi dengan nilai 1.846.875.
  9. Untuk kolom New statement balance anda isikan sebesar saldo yang dilaporkan di rekening Koran 1.846.875 tekan Enter.  Setelah jumlah calculated statement balance dan new statement balance pastikan nilai Out of balance : 0 (nol), selanjutnya klik tombol reconcile.
  10. Tampil konfirmasi yang menanyakan apakah Anda benar-benar ingin melakukan rekonsiliasi secara langsung atau mencetak terlebih dahulu hsil rekonsiliasi.  Klik tombol reconcile untuk memproses rekonsiliasi.
  11. Setelah proses rekonsiliasi selesai, akan tampil kembali kotak dialog Reconcile accounts, dengan tabel kosong yang artinya tidak ada lagi sisa transaksi yang akan di rekonsiliasi untuk bulan berikutnya.
  12. Klik tombol cancel untuk menutup kotak dilog reconcile accounts.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About